Rabu, 29 Mei 2013

Kebudayaan Sunda

KEBUDAYAAN SUNDA

Sunda adalah sebuah daerah yang berada di Pulau Jawa, tepatnya diwilayah Jawa Barat. Kebudayaan sunda adalah kebudayaan yang berada di daerah sunda tersebut. Kebanyakan orang menilai masyarakatsunda itu periang, lemah lembut, murah senyum, ramah tamah, sangat menghormati orang tua dan menyayangi yang lebih muda. Selain itu juga masyarakat sunda Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang spiritual dan sangat religius. Sifat-sifat orang sunda tersebut tampak sebagaimana dalam pameo “Silih Asih Silih Asah Silih Asuh” , yang artinya sendiri adalah “saling mengasihi, saling mempertajam atau saling memperbaiki, dan saling melindungi. (sumber: wikipedia bahasa Indonesia ).  
Sama seperti daerah lain, sunda juga memiliki kebudayaan tersendiri. kebudayaan sunda termasuk kebudayaan tertua di Indonesia karena sudah ada sejak Kerajaan Tarumanegara. Jika kita melihat lebih dalam, kebudayaan sunda juga tidak kalah menarik dengan kebudayaan lain yang ada di nusantara. Kebudayaan sunda meliputi senjata tradisional, bahasa, pakaian adat, rumah adat, dan kesenian.


Bahasa Daerah

Bahasa Sunda adalah bahasa yang digunakan oleh orang-orang Jawa Barat/Sunda dalam aktivitas keseharian mereka. Bukti tertulis bahasa sunda berasal dari prasasti dari abad ke 14 yang ditemukan di Kawali, Ciamis, Jawa Barat.


Rumah Adat

Sunda memiliki rumah adat yang berbentuk panggung dengan ketinggian kira-kira 0,5 m - 0,8 m atau 1 meter di atas permukaan tanah (sumber : wikipedia bahasa Indonesia),  sedangkan kolongnya  mempunyai ketinggian sekitar 1,8 m.  Iasanya kolongnya itu dibuat untuk tempat menyimpan hewan ternak mereka, seperti sapi,ayam atau untuk menyimpan alat-alat pertanian mereka seperti cangkul, bajak, clurit, dan sebagainya.

rumah tradisional Sunda suhunan Julang Ngapak
di Papandak,Garut www.google.com
Senjata Tradisional


Senjata tradisional Jawa Barat/sunda adalah kujang. Bukan hanya sembarang senjata tradisional, kujang juga dinilai memiliki nilai sakral dan mempunyai kekuatan magis yang mereflesikan ketajaman dan daya kritis dalam melindungi hak dan kebenaran. (sumber: www.bengkalis.com ). Kujang itu sedndiri sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Pajajaran pada abad ke-14 M. Selain menjadi senjata tradisional khas Sunda, kujang juga dijadikan sebagai hiasan, alat pertanian, cindera mata dan perlambang. Didaerah Bogor Jawa Barat juga tepatnya di Jalan Pajajaran terdapat sebuah tugu yang tingginya kira-kira 25 M diatas lahan seluas 26m x 23m yang dibangun pada tanggal 4 Mei 1982 (sumber: aishamulyasyafitri.blogspot.com ) dan diatasnya terdapat sebuah kujang. Tugu tersebut dikenal dengan TUGU KUJANG dan dijadikan sebagai lambangkota Bogor.

             Kujang ( www.google.com )             

Tugu Kujang Bogor www.google.com )       



Pakaian Adat

           
               
Sumber: www.google.com

 bajuforsale.com 

Masyarakat sunda memiliki pakaian adat tersendiri didaerahnya. Pakaian wanita pada umumnya menggunakan kebaya dan menggunakan rok kain batik sampai mata kaki. Pada bagian kepala, rambut di sanggul, dan menggunakan alas kaki selop. Untuk ke acara resmi, biasanya ditambahkan sehelai selendan yang ditumpu lengan. Pada pernikahan, wanita juga menggunakan kebaya,tetapi kebaya yang lebuh khas untuk pengantin. Roknya juga dari kain batik sampai mata kaki dan menggunakan selop. Untuk rambut tetap disanggul tp lebih dihiasi dengan berbagai pernak pernik khas pengantin Jawa Barat/Sunda ditambah dengan bunga melati. Sedangkan untuk pria, menggunakan baju takwa panjang dan celana hitam panjang. Pada bagian pinggang sampai lutut dililitkan kain batik yang senada dengan wanita dan bagian kepala menggunakan bendo yang terbuat dari kain batik bermotif halus serta alas kakinya sepatu pentopel hitam atau selop. Untuk acara pernikahan, pria juga menggunakan pakaian dan aksesoris yang sama, hanya yang berbeda biasanya pria juga menggunakan kain panjang seperti pengantin wanita dan diselipkan keris pada pinggang bagian belakang.

Kesenian

          Selain mempunyai senjata, pakaian dan rumahh tradisional, sunda juga memiliki berbagai macam kesenian yang sangat unik dan indah. Kesenian itu terdiri dari seni tari, seni musik, dan wayang.
          Seni tari sunda adalah jaipongan, tari merak, tari ketuk tilu, kliningan, ronggeng, dan lainnya. Tarian ini indah karena menampilkan lekuk tubuh yang cantik, eksotik yang seolah berkejaran dengan musik namun jauh dari kesan seronok. Selain itu, kostum yang digunakan pun sangat cantik  dan diiringi dengan musik degung. Tari-tarian tersebut sekarang sudah sangat dikenal dan sering diperlombakan, juga sering ditampilkan pada acara-acara khusus dan menjadi tontotan hiburan masyarakat sunda.
  
tari jaipongan (sumber: www.google.com

 tari merak ( sumber: www.google.com )
Seni musik sunda terdapat musik karawitan dan degungan. Degung merupakan musik pengiring  tari jaipongan. Alat-alat musik yang digunakan adalah jendang, bonang, suling, calung, goong, jenglong, dan lain-lain. Ada juga alat musik tradisional Jawa Barat yang paling dikenal, yaitu Angklung.
 
Degung  (sumber: www.google.com )                 

karawitan (sumber: www.google.com )

 
 angklung (sumber: www.google.com )
          Wayang golek juga termasuk kesenian kebudayaan sunda yang merupakan tontonan hiburan masyarakat sunda, seperti tarian dan musik.
   wayang golek 2 Wayang Golek


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar